Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Perbedaan Gender

Andari Saputra, 160205074 (2021) Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan   Representasi   Matematis   Siswa   dalam Memecahkan  Masalah  Matematika  Divergen  Ditinjau dari Perbedaan Gender]
Preview
Text (Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Perbedaan Gender)
Andari Saputra, 160205074, FTK, PMA, 085211431208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan matematis yang perlu dikembangkan oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan representasi juga sangat diperlukan dalam memecahkan masalah dan mengkomunikasikan. Dalam pembelajaran, suatu masalah matematika yang sama diberikan pada beberapa individu, maka akan mendapatkan respon yang berbeda dalam menyelesaikannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengekplorasi: 1) kemampuan representasi matematis siswa laki- laki dalam memecahkan masalah matematika divergen dan 2) kemampuan representasi matematis siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika divergen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan penelitian ekploratif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh dengan subjek yang dipilih 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan ketekunan pengamat. Temuan dalam penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika divergen, yaitu siswa laki-laki mengalami kusulitan dalam merangkai kata-kata dalam membuat soal cerita, dalam menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dengan simbol dan model matematika siswa laki-laki menyelesaikan dengan benar, dan dalam membuat gambar siswa laki-laki mengalam sedikit kesulitan. Sedangkan siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika divergen, yaitu soal cerita yang dibuat sudah disajikan dalam bentuk cerita atau rangkaian kata-kata dalam kehidupan sehari-hari, dalam menyelesaikan masalah matematika yang berhubungan dengan simbol dan model matematika siswa perempuan mengalami kesulitan, dan dalam membuat gambar siswa perempuan mengalam sedikit kesulitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matemati, Matematika Divergen, Gender.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Andari Saputra Aan
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:30
Last Modified: 15 Jul 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item
View Item