Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh)

Juni Irayana M.Yusuf, 140802015 (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh))
Juni Irayana M. Yusuf, 140802015, FISIP, IAN, 082398837104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit sebagai instansi dalam pelayanan kesehatan harus memberikan pelayanan maksimal kepada pasien. Hal ini dapat terwujud apabila rumah sakit memiliki manajemen dan perencanaan yang baik dan didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Kualitas pelayanan merupakan kemampuan rumah sakit dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sesuai dengan ekspetasi pasien. Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif pasien terhadap pelayanan yang diberikan setelah membandingkan dari hasil pelayanan yang diberikan dengan harapannya. Dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Kota Banda Aceh telah mendapat akreditas Paripurna, namun apakah masih terdapat masalah ataupun keluhan yang dirasakan oleh masyarakat maupun pasien sebagai penerima pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa ada atau tidaknya dan tingkat persentase pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat atau pasien di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat atau pasien di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Dimana hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode uji regresi diketahui bahwa nilai thitung > ttabel, dimana nilai thitung adalah 19,870 sedangkan nilai ttabel adalah 1,984, dan berdasarkan nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,80. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat atau pasien pada RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh, hal ini dibuktikan dengan sejumlah penilaian yang diberikan pasien (responden) yang berobat ke RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh adapun tingkat persentase pengaruhnya adalah sebesar 80,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Juni Irayana M.Yusuf
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:08
Last Modified: 16 Jul 2021 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17823

Actions (login required)

View Item
View Item