Agustin Hanapi H Abd Rahman, 2002087702 (2013) Evaluasi Kurikulum Program Studi Hukum Keluarga (SAS). Lembaga Penelitian UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
EVALUASI KURIKULUM PROGRAM STUDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tuntutan akan perubahan kurikulum sangat perlu dan selayaknya dibuat dengan persiapan yang matang sehingga kelemahan-kelemahannya dapat diminimalkan. Kurikulum Prodi SAS bertujuan membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang sifatnya mendasar sebagai bekal keahlian Penelitian ini membahas dua permasalahan: 1) Bagaimana cara mengevaluasi kurikulum Prodi SAS yang berlaku saat ini? dan 2) Bagaimanakah kurikulum Prodi SAS yang ideal sesuai dengan kebutuhan zaman? Karena itu penelitian ini mengambil bentuk field research, yang fokus untuk menggali pendapat atau pemikiran praktisi dan pakar hukum keluarga Islam tentang kurikulum prodi SAS dengan analisa menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa peminat dan pendaftar pada Prodi Hukum Keluarga (SAS) dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan melebihi daya tampung. Karena itu tuntutan akan perubahan kurikulum sesuatu yang harus dilakukan apalagi banyaknya mata kuliah yang tumpang tindih antara yang satu dengan yang lain,misalnya antara Fiqh Munakahat I dengan Fiqh Munakahat II, Hukum Keluarga Islam dengan Hak-Hak Dalam Keluarga dan juga dengan Hukum Keluarga di Dunia Muslim dan lain sebagainya, begitu juga halnya dengan mata kuliah Studi Kasus Hukum Keluarga, Penyuluhan Hukum Keluarga, Psikologi Keluarga, Hukum Perkawinan di Indonesia dengan Kompilasi Hukum Islam di Indonesia (KHI), Hukum Perlindungan anak dan Perempuan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Agustin Hanapi H Abd Rahman |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 09:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 17:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17852 |