Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Bank Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Binis Islam UIN Ar-Raniry)

Intan Sri Kartika, 180603304 (2021) Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Bank Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Binis Islam UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Bank Terhadp Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Binis Islam UIN Ar-Raniry)]
Preview
Text (Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Bank Terhadp Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Binis Islam UIN Ar-Raniry))
Intan Sri Kartika, 180603304, FEBI, PS, 081362910951.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman tentang bagi hasil dan bunga bank merupakan sebagian dari faktor-faktor penting yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemahaman Tentang Bagi Hasil dan Bunga Bank Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data mengunakan model regresi linear berganda, serta teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 92 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman tentang tentang bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah pada bank syariah. Sedangkan, variabel pemahaman tentang bunga bank berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah pada bank syariah. Secara bersama-sama variabel pemahaman tentang bagi hasil dan bunga bank berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah pada bank syariah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa angka R square sebesar 58,7% variabel minat menjadi nasabah dapat dipengaruhi oleh variabel pemahaman tentang bagi hasil dan bunga bank sedangkan sisanya sebesar 41,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ismail Rasyid Ridla Tarigan, M.A. Pembimbing II : Evri Yenni, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Bagi Hasil, Bunga Bank, Minat Menjadi Nasabah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Intan Sri Kartika
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:12
Last Modified: 16 Jul 2021 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17858

Actions (login required)

View Item
View Item