Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs

Rahmi Akmalia, 140205069 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap  Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs)
Rahmi Akmalia, 140205069, FTK, PMA, 085370519427.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan tujuan penting dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Model mind mapping merupakan suatu model yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Karena model ini membantu siswa untuk bisa memetakan konsep baru dengan konsep lama sehingga siswa akan mudah mengingat kembali konsep yang telah dipahaminya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak atau cluster random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII5 sebagai kelas eksperimen dan VII3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Setelah pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung = 5,52 dan t_tabel = 1,68. Maka t_hitung>t_tabel. Hal ini berarti bahwa terima H1 dan tolak H0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran non-mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pebimbing II : Vina Apriliani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, model mind mapping
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmi Akmalia
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:51
Last Modified: 24 Aug 2021 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item
View Item