Pengenalan Budaya Sekolah Islami pada Anak Usia Dini di TK Al-Islah Gampoeng Ruak Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan

Rahmatul Maulida, 160210024 (2021) Pengenalan Budaya Sekolah Islami pada Anak Usia Dini di TK Al-Islah Gampoeng Ruak Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengenalan Budaya Sekolah Islami pada Anak Usia Dini di TK Al-Islah Gampoeng Ruak Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengenalan Budaya Sekolah Islami pada Anak Usia Dini di TK Al-Islah Gampoeng Ruak Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan)
Rahmatul Maulida, 160210024, FTK, PIAUD, 082366307658.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Budaya Sekolah Islami merupakan salah satu hal penting yang harus diperkenalkan dan diajarkan pada peserta didik di sekolah, Guna untuk melatih anak dalam berperilaku Islami, pembiasaan ibadah, serta membentuk akhlak kharimah. Namun pada kenyataanyanya, di TK Al-Islah Gampoeng Ruak Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan masih banyak ditemukan masalah diantaranya yaitu sekolah tidak mewajibkan peserta didik untuk memakai busana Islami, sekolah tidak pernah memperingati hari besar Islam, tidak terdapat moto yang mencerminkan budaya Islami, dan kurangnya sarana dan prasarana Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengenalan budaya sekolah Islami melalui perilaku, kebiasaan/keseharian, tradisi dan simbol-simbol budaya di TK Al-Islah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan budaya sekolah Islami di TK Al-Islah melalui perilaku dan kebiasaan/keseharian telah terlaksana dengan baik. Terbukti dari perilaku peserta didik yang berakhlak karimah di keseharian, dan berjalan lancarnya berbagai aktifitas Islami yang diadakan sekolah. Sedangkan melalui tradisi dan simbol-simbol budaya tidak terlaksana dengan baik. Hal itu dibuktikan oleh sekolah yang tidak pernah memperingati hari-hari besar Islam, peserta didik tidak memakai busana Islami, tidak terdapat moto Islami di dinding sekolah, serta kurangnya sarana dan prasarana Islami di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Rani Puspa Juwita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah Islami, Budaya Sekolah Islami Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahmatul Maulida
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:50
Last Modified: 25 Aug 2021 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17944

Actions (login required)

View Item
View Item