Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Nilai-Nilai Islami Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah

Fillah Attaqi.Za, 170207018 (2021) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Nilai-Nilai Islami Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Nilai-Nilai Islami Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah]
Preview
Text (Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Nilai-Nilai Islami Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah)
Fillah Attaqi. Za, 170207018, FTK, PBL, 082370989756.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Wih Pesam saat ini belum mengaitkan materi dan nilai-nilai islami yang berdampak pada karakter, padahal karakter merupakan salah tujuan pendidikan nasional yang tertera pada KI 1 sikap spiritual sehingga guru dituntut tidak hanya meningkatkan sisi kognitif siswa saja, melainkan juga meningkatkan karakter siswa. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut diperlukan adanya pengkaitan materi pembelajaran dan Nilai-nilai Islami, salah satunya adalah penggunaan (LKPD) berbasis Nilai-nilai Islami yang bertujuan untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan karakter siswa pertemuan 1 dan 2, mendeskripsikan pengaruh LKPD terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap LKPD berbasis nilai-nilai islami. Metode penelitian yang digunakan pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test Design. Sampel dari penelitian ini kelas VIII.2 yang memiliki 23 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi, soal tes, lembar angket. Hasil analisis data pengamatan karakter siswa pada pertemuan 1 termasuk kategori baik (61%) dan pada pertemuan 2 termasuk kategori baik sekali (84,74%). Data hasil belajar siswa pre-test dengan kategori rendah (50,08%) dan post-test kategori sedang (67,47%.). Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test, hasil Uji-t yaitu thitung > ttabel (6,929 >2,074) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Respon belajar siswa dalam kategori baik, dengan persentase (88,93%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengunaan (LKPD) Berbasis Nilai-nilai Islami dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Nilai-nilai Islami ,Karakter, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fillah Attaqi. Za Fillah
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 31 Aug 2021 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item
View Item