Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh

Muti Agustina, 160209122 (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013]
Preview
Text (Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013)
Muti Agustina, 160209122, FTK, PGMI, 082360520889.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang di lakukan di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh terlihat bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 masih ada guru yang tidak menggunakan RPP berbasis kiurikulum 2013. pertanyaan yang akan di jawab dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh (2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh (3) Bagaimana kendala-kendala pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif. subjek dalam penelitian ini adalah empat orang guru di kelas IV MIN 5 Kota Banda Aceh. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, analisis dokumen dan wawancara. Dari hasil analisis RPP diperoleh persentase pada kegiatan pendahuluan G1 yang di peroleh persentasenya sebanyak 80%. Dan G2 di peroleh persentasenya 100%, dan G3 di peroleh persentasenya sebanyak 80 % dan G4 di peroleh persentasenya 100%. Kemudian pada kegiatan inti G1 di peroleh persentase 100%, begitupun dengan G2,G3,G4 di peroleh persentase 100% karena guru sudah menerapkan kegiatan inti sesuai dengan peraturan permendikbud. Dan kemudian pada kegiatan penutup G1di peroleh persentase 100%, dan G2 di peroleh persentase 75%, dan G3 di peroleh persentase 50% dan G4 di peroleh persentase 100%. Dari hasil observasi diperoleh persentase G1 yang di peroleh persentasenya sebanyak 60%. Dan G2 di peroleh persentasenya 80%, dan G3 di peroleh persentasenya sebanyak 80 % dan G4 di peroleh persentasenya 100%. Kemudian pada kegiatan inti G1 di peroleh persentase 100%, begitupun dengan G2,G3,G4 di peroleh persentase 100% karena guru sudah menerapkan kegiatan inti sesuai dengan peraturan permendikbud. Dan kemudian pada kegiatan penutup G1di peroleh persentase 75%, dan G2 di peroleh persentase 75%, dan G3 di peroleh persentase 75% dan G4 di peroleh persentase 100%. Meskipun terdapat kendala yang di hadapi guru seperti ketersediaan infokus dan durasi waktu 35 menit kurang efektif untuk kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muti Agustina Muti
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:26
Last Modified: 02 Sep 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item
View Item