Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Dan Media Flipchart Pada Materi Jamur Di Sman 1 Delima Kabupaten Pidie

Nurul Fitri, 170207021 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Dan Media Flipchart Pada Materi Jamur Di Sman 1 Delima Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Dan Media Flipchart Pada Materi Jamur Di Sman 1 Delima Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Dan Media Flipchart Pada Materi Jamur Di Sman 1 Delima Kabupaten Pidie)
Nurul Fitri, 17020721, FTK, PBL, 085217718716.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran kurikulum 2013 menetapkan pembelajaran yang berlangsung secara saintifik. Adapun kendala dalam proses pembelajaran adalah kurangnya media yang dihadirkan selama proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis saintifik dan media flipchart pada materi jamur di SMAN 1 Delima Kabupaten Pidie. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti model pengembangan Four-D (4D). Sumber data penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu ahli media dan ahli materi yang terdiri dari dosen Pendidikan Biologi, guru mata pelajaran Biologi, juga peserta didik kelas X IPA 1 di SMAN 1 Delima. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis saintifik memperoleh nilai kelayakan media yaitu 89% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan untuk kelayakan materi memperoleh nilai yaitu 86% dengan kategori “sangat layak”. Media flipchart mendapatkan nilai kelayakan media yaitu 89% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan untuk kelayakan materi 93% dengan kategori “sangat layak”. Respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis saintifik yaitu 83,62% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk media flipchart mendapatkan respon peserta didik yaitu 85,04% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Berbasis Saintifik, Media Flichart, Materi Jamur, Kelayakan, Respon.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Fitri Nurul
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:38
Last Modified: 03 Sep 2021 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item
View Item