Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Mind Mapping Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar

Sari Maharani, 150207133 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Mind Mapping Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Mind Mapping Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Mind Mapping Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar)
Sari Maharani, 150207133, FTK, PBL, 082388206924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurang bervariasinya media pembelajaran di MTsN 4 Aceh Besar pada materi sistem pernapasan pada manusia sehingga menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual, menguji kelayakan dan menjabarkan respon peserta didik terhadap media pembelajaran audio visual pada materi sistem pernapasan pada manusia siswa kelas VIII MTsN 4 Aceh Besar. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media, ahli materi, guru bidang studi IPA dan siswa kelas VIII MTsN 4 Aceh Besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Analisis data uji kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan media mendapatkan hasil 93% dan kelayakan oleh ahli materi diperoleh hasil 95%. Respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual mendapatkan hasil 81% dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual pada materi sistem pernapasan pada manusia sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sari Maharani
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:01
Last Modified: 06 Sep 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item
View Item