Keanekaragaman Jenis Gastropoda di Zona Litoral Perairan Gunung Cut Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Materi Pendukung Keanekaragaman Hayati di SMAN 2 Samadua

Yutria Iqwanda, 160207172 (2021) Keanekaragaman Jenis Gastropoda di Zona Litoral Perairan Gunung Cut Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Materi Pendukung Keanekaragaman Hayati di SMAN 2 Samadua. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Gastropoda di Zona Litoral Perairan Gunung Cut Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Materi Pendukung Keanekaragaman Hayati di SMAN 2 Samadua]
Preview
Text (Keanekaragaman Jenis Gastropoda di Zona Litoral Perairan Gunung Cut Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Materi Pendukung Keanekaragaman Hayati di SMAN 2 Samadua)
Yutria Iqwanda, 160207172, FTK, PBL, 082167771579.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perairan gunung cut adalah salah satu pantai yang berada di pesisir Kecamatan Samadua. Perairan ini merupakan perairan pasang surut yang masih alami dan memiliki berbagai macam biota laut. Salah satu biota laut yang terdapat di Perairan Gunung Cut adalah gastropoda. Keberadaan gastropoda memiliki peranan penting dalam berbagai bidang seperti ekologi, ekonomi, dan pendidikan. Pentingnya untuk diketahui data base di suatu wilayah termasuk Perairan Gunung Cut ini, pemanfaatan data tersebut untuk memberi informasi kondisi lingkungan disuatu wilayah dengan berbagai biota perairannya. Tujuan dari Penelitian adalah; Untuk mendeskripsikan jenis gastopoda; Untuk menghitung tingkat keanekaragaman gastropoda; Untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan buku gastropoda; Untuk menganalisis respon guru terhadap buku keanekaragaman gastropoda yang terdapat di zona litoral Perairan Gunung Cut Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu kombinasi metode tansek garis (Line Transect) dan transek kuadrat (plot). Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada zona litoral Perairan Gunung Cut Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Lokasi penelitian dibagi menjadi 3 stasiun pengamatan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 32 spesies dari 8 ordo gastropoda yang terdapat di zona litoral Perairan Gunung Cut Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Tingkat keanekaragaman gastropoda yang terdapat di zona litoral perairan Gunung Cut tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman Ĥ 2,57740163. Hasil uji kelayakan terhadap buku output penelitian diperoleh skor penilaian 78,84% dikategorikan Layak dijadikan sebagai buku ajar. Respon guru terhadap buku hasil output penelitian diperoleh penilaian 99,9% dikategorikan sangat Layak dijadikan sebagai buku ajar. Kesimpulan penelitian adalah jenis gastropoda yang paling banyak ditemukan yaitu Cerithium nesioticum dari ordo Caenogastropoda; Keanekaragaman gastropoda di kategorikan sedang; pemanfaatan produk penelitian gastropoda di Zona Litoral Perairan Gunung Cut akan diaplikasikan dalam bentuk buku ajar; dan respon guru dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Gastropoda, Gunung Cut
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yutria Iqwanda Yutria
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:42
Last Modified: 09 Sep 2021 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18112

Actions (login required)

View Item
View Item