Efektivitas Penerapan Permainan Labirin untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak pada Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Calang Aceh Jaya

Cut Hikmah Zulia, 150210087 (2021) Efektivitas Penerapan Permainan Labirin untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak pada Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Calang Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Permainan Labirin untuk Mengembangkan  Kemampuan  Kognitif  Anak]
Preview
Text (Efektivitas Penerapan Permainan Labirin untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak)
Cut Hikmah Zulia, 150210087, FTK, PIAUD, 085371940271.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari salah satu aspek yang harus dikembangkan sejak dini. Perkembangkan kognif dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari peserta didik TK Negeri Pembina Calang Aceh Jaya belum berkembang secara optimal, karena sebagian besar peserta didik belum sepenuhnya mampu dalam mencari lintasan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dalam penerapan permainan labirin dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak pada usia 5-6 tahun di TK Pembina Calang Aceh Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan analisis pre-exsperimental desains dan desains one group pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B2 sebanyak 25 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan anak dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari selama proses pembelajaran dengan menggunakan permainan labirin tergolong meningkat dengan rata-rata persentase 8,2% yang di kategorikan BSB. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung 3,70 dan ttabel 1,711 dengan derajat bebas (db) yaitu 14 pada taraf signifikan α=0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Cut Hikmah Zulia Cut
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:13
Last Modified: 07 Sep 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item
View Item