Penanaman Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik Guru Kelas V Di MIN 5 Kota Banda Aceh

Nisa Juliantika, 160209066 (2021) Penanaman Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik Guru Kelas V Di MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penanaman Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik]
Preview
Text (Penanaman Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik)
Nisa Juliantika, 160209066, FTK, PGMI, 085359227068.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi beberapa guru kelas V di MIN 5 sudah menanamkan sikap spiritual dan sikap sosial yang dimunculkan pada RPP seperti mengucapkan salam, berdo’a sebelum dan sesudah memulai pembelajaran, berani, percaya diri. Pada proses pembelajaran terdapat siswa yang menganggu temannya, kurang percaya diri, tidak disiplin terlambat ke sekolah, dan mencontek. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penanaman sikap spiritual dan sikap sosial siswa dalam perencanaan pembelajaran guru kelas V di MIN 5 Kota Banda Aceh (2) Bagaimana penanaman sikap spiritual dan sikap sosial siswa dalam pelaksanaan pembelajaran guru kelas V di MIN 5 Kota Banda Aceh (3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa dalam pembelajaran tematik guru kelas V di MIN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan tiga orang guru kelas V di MIN 5 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumentasi, observasi pembelajaran dan wawancara. Penanaman sikap spiritual pada perencanaan meliputi berdo’a dengan persentase 33,3%, penanaman sikap sosial meliputi jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya diri dengan persentase 83,3%. Sedangkan penanaman sikap spiritual dan sikap sosial pada pelaksanaan pembelajaran mencakup seluruh indikator dengan persentase masing-masing 100%. Meskipun terdapat kendala yang dihadapi guru seperti kurangnya kerja sama antara pihak sekolah, orang tua dan lingkunga sekitar dalam menanamkan sikap tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Juliantika Nisa
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:36
Last Modified: 07 Sep 2021 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18123

Actions (login required)

View Item
View Item