Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa

Refereni Dewi, 170206006 (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa)
Refereni Dewi, 170206006, MPI, 082246339909.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah sangat berperan penting dalam suatu lembaga pendidikan. Kepala madrasah merupakan penggerak utama terciptanya kerjasama yang solid antar sesama tenaga pendidik untuk meningkatkan proses pembelajaran. Sehingga terbentuk team work yang mampu melaksanakan proses belajar-mengajar secara efektif dan efesien di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Tujuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam membentuk team work yang baik agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, serta tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Serta analilis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam pembentukan team work pembelajaran di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar sudah dilaksanakan secara maksimal. Strategi yang dimiliki kepala madrasah MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar meliputi: a) menempatkan tenaga pendidik sesuai dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh, b) menjadi penilai dan negosiator yang baik, c) bertindak sebagai penghubung dan pemecah masalah, d) berkomunikasi secara langsung dengan bawahan. Kemudian kepala madarsah juga memiliki model kepemimpinan Atribusi, Kharismatik,Transformasional, Transaksional, serta Partisipatif. Adapun hambatan yang dihadapi oleh kepala madrasah dapat diatasi dengan baik sehingga hambatan tersebut tidak menjadi masalah besar dalam pembentukan team work pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Basidin Mizal M.Pd Pembimbing II : Ainul Mardhiah S.Ag. M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Team Work Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Refereni Dewi
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:34
Last Modified: 07 Sep 2021 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item
View Item