Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Lhoknga

Novi Kartina, 140207215 (2021) Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Lhoknga]
Preview
Text (Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Wisata Sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Pembelajaran Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Lhoknga)
Novi Kartina, 140207215, FTK, PBL, 085262847686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Minimnya referensi di sekolah menyebabkan pembelajaran Keaneragaman Hayati hanya menggunakan buku paket, sehingga siswa belajar tidak optimal dikarenakan kurangnya referensi, dengan adanya referensi buku ajar proses belajar siswa meningkat dan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan herba dan tingkat keanekaragaman tumbuhan herba yang terdapat di kawasan wisata sungai Pucok Krueng Raba serta mengetahui uji kelayakan media pembelajaran keanekaragaman tumbuhan herba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey explorative dengan kombinasi metode line transek dan kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 38 jenis tumbuhan herba yang terdiri dari 21 famili. Indeks keanekaragaman tumbuhan herba diperoleh sebesar 2,8795 dengan kategori sedang. Uji kelayakan I diperoleh 71,77% dengan kategori layak dan kelayakan II diperoleh 93,54% dengan kategori sangat layak, maka total kelayakan media pembelajaran buku ajar yaitu sebesar 84,27% dengan kriteria sangat layak. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu di kawasan wisata sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga didapatkan 38 jenis tumbuhan herba yang terdiri dari 21 famili. Tingkat Keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di kawasan wisata sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga adalah sebesar 2,8795 yang termasuk kategori sedang dan kelayakan buku ajar pada materi Keanekaragaman Hayati sebagai referensi pembelajaran di SMA Negeri 1 Lhoknga diperoleh persentase 84,27% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai referensi pembelajaran di SMA Negeri 1 Lhoknga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Novi Kartina
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:30
Last Modified: 09 Sep 2021 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item
View Item