Pengembangan Buku Saku Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Ikatan Kimia

Miftahul Rahmi, 150208024 (2021) Pengembangan Buku Saku Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Saku Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Ikatan Kimia]
Preview
Text (Pengembangan Buku Saku Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Ikatan Kimia)
Miftahul Rahmi, 150208024, FTK, PKM, 085362823480.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Kurikulum yang berlaku di SMA Inshafuddin yaitu Kurikulum 2013 yang sangat menekankan setiap lulusan mampu mengembangkan nilai spiritual, akan tetapi buku paket yang tersedia di SMA Inshafuddin tidak terintegrasi nilai-nilai keislaman, peserta didik malas membawa dan membaca buku paket yang tersedia saat pembelajaran kimia berlangsung karena ukurannya tebal dan berat serta berisi materi yang padat. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kelayakan buku saku kimia kelas X terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi ikatan kimia di SMA Inshafuddin?, (2) bagaimana respon guru terhadap buku saku kimia kelas X terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi ikatan kimia di SMA Inshafuddin?, (3) bagaimana respon peserta didik terhadap buku saku kimia kelas X terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi ikatan kimia yang dikembangkan di SMA Inshafuddin?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, respon guru dan peserta didik terhadap buku saku kimia kelas X terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi ikatan kimia. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik. Hasil persentase rata-rata validator diperoleh sebesar 84,16% kriteria sangat layak, hasil persentase respon guru diperoleh sebesar 86,66% kriteria sangat positif, dan hasil persentase respon peserta didik diperoleh sebesar 73,2% kriteria positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Miftahul Rahmi
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:16
Last Modified: 08 Sep 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item
View Item