Keanekaragaman Serangga Tanah (Collembola) Di Kawasan Perkebunan Kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Cut Putriani, 160207151 (2021) Keanekaragaman Serangga Tanah (Collembola) Di Kawasan Perkebunan Kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Serangga Tanah (Collembola) Di Kawasan Perkebunan Kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan]
Preview
Text (Keanekaragaman Serangga Tanah (Collembola) Di Kawasan Perkebunan Kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Cut Putriani, 160207151, FTK, PBL, 085361492920.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Collembola merupakan salah satu materi yang dipelajari pada mata kuliah Ekologi Hewan. Informasi tentang collembola pada mata kuliah ekologi hewan masih sangat minim terutama mengenai referensi tentang jenis-jenis collembola diperbunan kakao sehingga sangat menarik untuk dikaji. Collembola umumnya dikenal sebagai organisme yang hidup di tanah dan memiliki peran penting sebagai perombak bahan organik tanah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis collembola dan keanekaragaman collembola serta untuk menganalisis hasil uji kelayakan penelitian di kawasan perkebunan kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explorative yang dikombinasi dengan metode line transect. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perangkap Pitfall trap. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 15 spesies yang terdiri dari 2 ordo yaitu ordo Entomobryomorpha dan ordo Symphypleona. Keanekaragaman Collembola tergolong sedang dengan Indeks Ĥ = 2,49113. Hasil uji kelayakan produk hasil penelitian oleh validator diperoleh skor dengan persentase 85,50% dikategorikan sangat layak dijadikan sebagai refensi mata kuliah Ekologi Hewan. Kesimpulan penelitian adalah jenis collembola yang terdapat di kawasan perkebunan kakao yang paling banyak ditemukan yaitu family Entomobrydae; Keanekaragaman collembola di kategorikan rendah; dan pemanfaatan keanekaragaman serangga tanah (collembola) di kawasan perkebunan kakao Desa Tanjong Putoh Kabupaten Aceh Utara akan diaplikasikan dalam bentuk buku saku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Collembola, Kawasan Perkebunan Kakao, Ekologi Hewan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Putriani Cut
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:13
Last Modified: 13 Sep 2021 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18170

Actions (login required)

View Item
View Item