Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Jenis Kelamin Selama Pandemi Covid-19

Zurratun Munira, 170205014 (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Jenis Kelamin Selama Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Jenis Kelamin Selama Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Jenis Kelamin Selama Pandemi Covid-19)
Zurratun Munira, 170205014, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika, namun kemampuan peserta didik masih rendah yang dibuktikan oleh hasil tes PISA tahun 2018, hasil UN Provinsi dan UN kabupaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII di MTSN 5 Pidie selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik yaitu dua peserta didik yang meliputi siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki kategori tinggi, dua peserta didik yang meliputi siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki kategori sedang dan dua peserta didik yang meliputi siswa laki-laki dan perempuan yang memiliki kategori rendah. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki: (1) siswa kategori tingkat tinggi memenuhi semua indikator. Terlihat dari cara subjek dalam memberikan jawaban dengan sangat rinci dan lengkap dari setiap langkah penyelesaian soal tes. (2) siswa kategori tingkat sedang memenuhi enam dari tujuh indikator. Terlihat saat subjek belum sempurna dalam memberikan penyelesaian terhadap soal tes (3) siswa kategori tingkat rendah hanya memiliki tiga indikator. Terlihat saat siswa sangat kesusahan dalam menjawab soal tes yang disediakan. Subjek belum mampu memberikan penyelesaian terhadap soal yang diberikan bahkan subjek hanya menuliskan kembali soal yang diberikan tanpa memberikan penyelesaian sama sekali. Dan hasil untuk siswa perempuan: (1) siswa kategori tingkat tinggi memenuhi semua indikator. Terlihat dari cara subjek dalam memberikan jawaban dengan sangat rinci dan lengkap dari setiap langkah penyelesaian soal tes. (2) siswa kategori tingkat sedang memenuhi enam dari tujuh indikator. Terlihat saat subjek belum sempurna dalam memberikan penyelesaian terhadap soal tes, serta terdapat kesalahan dalam penggunaan operasi (3) siswa kategori tingkat rendah hanya memiliki tiga indikator. Terlihat saat siswa sangat kesusahan dalam menjawab soal tes yang disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd Pembimbing II : Vina Aprilliani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematis, jenis kelamin, pandemi covid-19
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zurratun Munira
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:16
Last Modified: 14 Sep 2021 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item
View Item