Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Etnomatematika (Kerawang Gayo Lues) Siswa SMP

Salma Wati, 170205005 (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Etnomatematika (Kerawang Gayo Lues) Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Etnomatematika (Kerawang Gayo Lues) Siswa SMP]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Etnomatematika (Kerawang Gayo Lues) Siswa SMP)
Salma Wati, 170205005, FTK, PMA, 082361214750.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB) | Preview

Abstract

Modul pembelajaran matematika merupakan salah satu bahan ajar cetak yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi di sekolah terdapat situs kebudayaan Gayo Lues yang belum tereksplorasi dengan baik terhadap bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa sebagai modul pembelajaran matematika. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melakukan pengembangan bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika materi segiempat berbasis etnomatematika (kerawang Gayo Lues) siswa SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, lembar validasi guru dan lembar uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevaliditasan, hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai rata-rata total dengan kriteria sangat valid dan kesepakatan penilaian modul antar validator termasuk kategori baik. Selain itu kepraktisan modul memenuhi kriteria sangat baik, hal ini diperoleh dari penilaian hasil analisis lembar validasi guru menunjukkan dari segi isi modul diperoleh rata-rata 4,81 dengan kriteria sangat baik dan dari segi tampilan modul diperoleh rata-rata 4,85 dengan kriteria sangat baik serta kesepakatan penilaian antar guru berada pada kategori baik. Selain itu kriteria kepraktisan juga diperoleh dari hasil analisis uji keterbacaan siswa terhadap modul pembelajaran dengan memperoleh rata-rata total 4,74 dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Susanti, S.Pd. I. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Etnomatematika (Kerawang Gayo Lues), Model 4D
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Salma Wati
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:56
Last Modified: 15 Sep 2021 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item
View Item