Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di Gampong Cadek Aceh Besar

Kurnia Wahyu, 160209037 (2021) Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di Gampong Cadek Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan  Pembelajaran   di Rumah]
Preview
Text (Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah)
Kurnia Wahyu, 160209037, FTK, PGMI, 085242556037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil observasi wawancara dengan orang tua di Gampong Cadek, Aceh Besar, terdapat beberapa masalah yaitu: kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi pembelajaran, kurangnya pemahaman orang tua dalam penggunaan smartphone, kurangnya sarana dan prasarana dan terkendalanya dalam masalah ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi Covid-19, serta kendala yang dihadapi orang tua, dan solusi orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang tua. Hasil dari penelitian yaitu orang tua sebagai pembimbing, menyediakan fasilitas, memberikan motivasi, memberikan ragam informasi, dan orang tua mengatur jadwal kegiatan anak, Kendala orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi Covid-19 yaitu kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi, kurangnya ekonomi orang tua mempengaruhi dalam mendukung kegiatan pembelajaran dirumah dalam memfasilitasi pembelajaran daring, kesulitan mendampingi anak dalam pembelajaran daring. Sendangkan solusinya yaitu bertanya kepada guru, bekerja keras dan berhemat, dan membagi waktu untuk mendampingi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kurnia Wahyu Ayu
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:16
Last Modified: 16 Sep 2021 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18264

Actions (login required)

View Item
View Item