Analisis Isu Gender Pada Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud

Eki Layana, 170210017 (2021) Analisis Isu Gender Pada Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Isu Gender Pada Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud]
Preview
Text (Analisis Isu Gender Pada Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud)
Eki Layana, 170210017, FTK, PIAUD, 082371925816.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud adalah salah satu media pembelajaran Anak Usia Dini yang dapat digunakan dalam menyebarkan Isu Gender, anak dapat melihat Isu Gender berdasarkan ilustrasi didalam Buku Cerita Bergambar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Isu Gender yang terdapat dalam Buku Cerita Bergambar Terbitan Laman Anggun Kemdikbud. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literature/kepustakaan, yaitu mengkaji 10 Buku Cerita Bergambar dengan indikator enam unsur Intrinsik dan lima Isu Gender. Pengumpulan data dilakukan melalui 10 judul buku cerita bergambar terbitan laman anggun kemdikbud, jurnal dan buku lainnya. Data dianalisis melalui metode contet analisis/metode analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tiga buku yang tidak memperlihatkan unsur ketidakadilan gender, sedangkan tujuh bukunya terdapat bentuk ketidakadilan gender. Dari 10 buku tersebut, ada tiga buku yang menunjukkan unsur kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eki Layana Eki
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:04
Last Modified: 21 Sep 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18286

Actions (login required)

View Item
View Item