Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sman 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Sebagai Media Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati

Fitriani, 170207071 (2021) Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sman 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Sebagai Media Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sman 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Sebagai Media Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati]
Preview
Text (Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sman 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Sebagai Media Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati)
Fitriani, 170207071, FTK, PBL, 082282800413.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran keanekaragaman hayati di SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar sudah dipelajari dengan baik, akan tetapi masih kurang mengoptimalkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran, terutama vegetasi yang ada disekitar sekolah. SMAN 1 Kuta Baro masih kurang tersedianya Referensi pembelajaran biologi yang terdapat di sekolah, sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi jenis, struktur vegetasi, bentuk output, dan kelayakan output hasil penelitian vegetasi yang terdapat di lingkungan SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode quadrat transect dengan teknik pengambilan secara puposive sampling. Analisis data komposisi vegetasi, struktur vegetasi dan uji kelayakan ouput yang dihasilkan. Hasil penelitian di SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar terdapat 33 spesies tumbuhan dari 25 familia. Indeks nilai penting di lokasi penelitian berjumlah 300 disetiap habitus tumbuhan dan keanekaragaman tumbuhan di lokasi penelitian tergolong kategori sedang, dengan Indeks Keanekaragaman herba Ĥ = 2,457, semak Ĥ = 1,885, dan pohon Ĥ = 1,351. Output yang dihasilkan berupa buku ajar dan output hasil penelitian analisis vegetasi di lingkungan SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar sangat layak direkomendasikan sebagai media pendukung materi keanekaragaman hayati, dengan hasil uji kelayakan 81,45%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vegetasi Tumbuhan, Lingkungan SMAN 1 Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitriani Fitriani
Date Deposited: 24 Sep 2021 01:42
Last Modified: 24 Sep 2021 01:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18306

Actions (login required)

View Item
View Item