Proses Berpikir Reflektif Siswa SMP/MTs Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Jenis Kelamin

Anggie Octalia Handayani, 170205017 (2021) Proses Berpikir Reflektif Siswa SMP/MTs Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Jenis Kelamin. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Proses Berpikir Reflektif Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Proses Berpikir Reflektif Siswa SMP/MTs)
Anggie Octalia Handayani, 170205017, FTK, PMA, 085254227050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2018 (OECD 2019) diperoleh informasi bahwa untuk bidang matematika, Indonesia berada pada posisi 74 dari 78 negara yang mengikuti survey tesebut. Soal PISA berfokus pada level HOTS, yang mana hasil PISA 2018 menyatakan bahwa persentase siswa Indonesia yang mampu mencapai HOTS hanya 0,6%, hal ini diduga mereka memanfaatkan kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikannya. Selanjutnya hasil PISA 2018 menyatakan bahwa ada perbedaan skor yang diperoleh siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki memperoleh skor 374 dan siswa perempuan memperoleh skor 383, sehingga memerlukan pemahaman mendalam mengenai proses berpikir siswa dikaitkan dengan kemampuan berpikir reflektif berdasarkan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan MTsN 1 Banda Aceh peraih juara olimpiade matematika yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara terhadap guru. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri dan soal tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pemberian STKBRF 2 dilaksanakan seminggu setelah pemberian STKBRF 1. Teknik analisis data pada penelitian ini mengacu pada teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu: (1) subjek laki-laki pada komponen reacting, comparing dan contemplating dapat langsung menerima informasi dan menyeleesaikan masalah yang diberikan karena terjadi pengintegrasian langsung pada skema yang telah ada (asimilasi), (2) subjek perempuan pada komponen reacting, comparing, dan contemplating, terjadi pengintegrasian langsung antara permasalahan yang diberikan dengan skema yang ada, dalam artian informasi yang diberikan telah sesuai dengan skema yang ada pada kognitif subjek perempuan (asimilasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggie Octalia Handayani
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:02
Last Modified: 24 Sep 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item
View Item