Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar

Masliza, 201223356 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai Alat Peraga]
Preview
Text (Mengenai Alat Peraga)
FULL SKRIPSI MASLIZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa belum memuaskan dikarenakan pembelajaran lebih berpusat pada guru dibandingkan pada siswa. Akibatnya siswa cenderung pasif dan hanya menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang dirancang untuk mengajarkan kepada siswa tentang strategi pemahaman mandiri yang berbentuk diskusi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang diajarkan dengan empat strategi pemahaman mandiri seperti, merangkum, mengajukan pertanyaan, mengklarifikasi dan memprediksi.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar respon siswa dan lembar tes hasil belajar yang didalamnya berupa tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV₁ MIN Tungkob Aceh Besar, dengan jumlah siswa 38 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan, bahwa: (1) Aktivitas guru dalam penerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik yaitu dari persentase 69,44% menjadi 85,29%; (2) Aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah aktif dengan persentase 75,36% menjadi 87,5%; (3) Respon siswa kelas IV₁ MIN Tungkob Aceh Besar terhadap kegiatan belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah sangat positif dengan rata-rata keseluruhan diperoleh skor 3,16; (4) Hasil belajar siswa secara klasikal tuntas dengan persentase siklus I 52,63% meningkat pada siklus II yaitu 89,47% setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan alat peraga pada pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Zainal Abidin, M.Pd; 2. Herawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Reciprocal Teaching, Alat Peraga
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: masliza liza
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:18
Last Modified: 13 Dec 2017 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item
View Item