Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 9 Banda Aceh

Irmawati Sinaga, 160209006 (2020) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MIN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning]
Preview
Text (Penerapan Model Discovery Learning)
Irmawati Sinaga, 160209006, FTK, PGMI, 085359341275.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Proses belajar yang buruk dapat mengakibatkan hasil belajar yang kurang baik. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukannya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan pada pembelajaran tematik adalah model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas guru dan siswa dan analisis hasil belajar . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, (1) Aktivitas guru dalam penerapan model discovery learning di MIN 9 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus 2 sehingga model discovery learning cocok diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas. (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model discovery learning di MIN 9 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga model discovery learning cocok diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas yang akan membuat siswa lebih aktif. (3) Hasil belajar dalam penerapan model discovery learning di MIN 9 Aceh Besar mengalami peningkatan dari siklus ke I sebesar 60 siklus II sebesar 84,3 dengan kategori sangat baik. sehingga penerapan discovery learning cocok di terapkan pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar, M.Pd 2. Wati Oviona, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran, Model Discovery, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irmawati Sinaga
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:57
Last Modified: 27 Sep 2021 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18322

Actions (login required)

View Item
View Item