Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis CTL terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Energi di Kelas III MIS Meunara Baro Aceh Besar

Asrina, 160209124 (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis CTL terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Energi di Kelas III MIS Meunara Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis CTL]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis CTL)
Asrina, 160209124, FTK, PGMI, 085262497742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan selama ini terlihat kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh dan kurang memiliki minat untuk belajar, akibatnya suasana kelas cenderung pasif, sedikit sekali siswa bertanya kepada guru meskipun materi yang diajarkan belum dapat dipahami. Selain itu proses belajar mengajar yang digunakan masih di dominasi oleh aktivitas guru dimana siswa lebih banyak mencatat materi. Sehingga proses pembelajaran yang berlangsung cenderung dari siswa untuk siswa, tanpa adanya peran guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang melibatkan siswa yaitu dengan menggunakan media audio visual dengan berbasis CTL. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahiu pengaruh penggunaan media audio visual berbasis CTL terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian bersifat Pre-Experimental dengan desain penelitian One Grub Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Meunara Baro Aceh Besar, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas III sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan Pre-Test dan Post-Test. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar, data tersebut akan dihitung menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru yaitu 97,89%, sedangkan pada aktivitas siswa memperoleh nilai 98,94%. Analisis data tes hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t dengan kriteria pengambilan yaitu nilai signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan jika nilai signifikan ≥ 0,05 maka Ho diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig. 2-tailed) sebesar ,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual berbsis CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan energi di kelas III MIS Meunara Baro Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asrina Asrina
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:52
Last Modified: 30 Sep 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item
View Item