Perselisahan dan Pertengkaran Sebagai Penyebab Terjadinya Perceraian (analisis terhadap meningkatnya kasus cerai talak dan cerai gugat tahun 2017-2019 di MS. Sigli)

Safira Purnama Sari, 170101084 (2021) Perselisahan dan Pertengkaran Sebagai Penyebab Terjadinya Perceraian (analisis terhadap meningkatnya kasus cerai talak dan cerai gugat tahun 2017-2019 di MS. Sigli). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Perselisahan dan Pertengkaran Sebagai    Penyebab Terjadinya Perceraian]
Preview
Text (Perselisahan dan Pertengkaran Sebagai Penyebab Terjadinya Perceraian)
Safira Purnama Sari, 170101084, FSH, HK, 082386824363.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kasus perceraian baik cerai talak maupun cerai gugat terus mengalami peningkatan di MS Sigli yang faktor penyebabnya didominasi oleh perselisihan dan pertengkaran. Adapun penelitian ini mengangkat masalah: pertama, mengapakah tingkat cerai talak dan cerai gugat akibat perselisihan dan pertengkaran di MS Sigli terus meningkat, Kedua, bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan oleh MS untuk meminimalisir perceraian akibat perselisihan dalam rumah tangga, ketiga, bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap alasan perceraian karena perselisihan terus menerus yang diputuskan MS Sigli. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif analisis yang bertujuan untuk memahami suatu masalah kemanusiaan yang didasarkan suatu gambaran yang kompleks dan menyeluruh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menyatakan bahwa peningkatan kasus perceraian di MS sigli diketahui bahwa cerai gugat lebih banyak dari cerai talak. Pada tiap tahunnya perceraian semakin bertambah, peningkatan tersebut naik ditahun 2019 dikarenakan kasus perceraian akibat perselisihan dan pertengkaran terus menerus. Upaya untuk meminimalisir perceraian akibat perselisihan dalam rumah tangga ialah dengan meningkatkan perannya Mahkamah Syar’iyah Sigli sebagai pihak mediator, menyelesaikan perkara-perkara perceraian yang sedang ditanggapi secara baik serta melakukan mediasi terhadap pelaku perceraian. Ditinjau dari hukum Islam terkait alasan perceraian karena perselisihan terus menerus yang diputuskan Mahkamah Syar’iyah Sigli sudah berdasarkan ketentuan atau prinsip Islam yang ada, hal ini dikarenakan perceraian tersebut terjadi setelah dilakukan upaya perdamaian oleh pihak Mahkamah Syar’iyah Sigli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.38 Perbandingan Munakahat dengan Hukum Perkawinan Lain
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Safira Purnama Sari Safira
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:04
Last Modified: 30 Sep 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item
View Item