Minat Baca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Sarah Maiyasah, 170209025 (2021) Minat Baca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Minat Baca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Minat Baca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19)
Sarah Maiyasha, 170209025, FTK, PGMI, 082372761910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan mengalami transformasi sistem pembelajaran menjadi pembelajaran berbasis online. Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat, khususnya guru dan siswa untuk melaksanakan kebijakan social distancing untuk menimalisir persebaran virus tersebut. Membaca merupakan salah satu dari beberapa keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa untuk mempermudah memahami hal-hal dan pengetahuan baru. Salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam meraih ilmu pengetahuan dan teknologi jika minat baca tinggi, dengan minat baca yang tinggi maka akan sangat membantu keberhasilan seseorang dalam proses belajar. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa pada masa pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat baca siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 32 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data melalui tahapan-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 32 Banda Aceh tergolong sangat tinggi yaitu 81,01%. Faktor – faktor yang mempengaruhi minat baca siswa SD Negeri 32 Banda Aceh pada masa pandemi Covid-19 terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Persentase faktor internal yaitu 86,29% sedangkan persentase faktor eksternal yaitu 74,44% sehingga faktor internal atau faktor dari dalam diri seperti pembawaan, kebiasaan, dan perasaan senang lebih mempengaruhi minat baca siswa SD Negeri 32 Banda Aceh pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Satu : Fajriah, S.Pd.I., M.A Pembimbing Dua : Rafidhah Hanum, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarah Maiyasah
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:47
Last Modified: 01 Oct 2021 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18361

Actions (login required)

View Item
View Item