Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Fisika Berdasarkan Teori John Dewey

Anisa Noviza Nilda, 170204017 (2021) Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Fisika Berdasarkan Teori John Dewey. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Fisika Berdasarkan Teori John Dewey]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Fisika Berdasarkan Teori John Dewey)
Anisa Noviza Nilda, 170204017, FTK, PFS, 082267859736.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian fisika pada materi tekanan zat berdasarkan teori John Dewey. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tapaktuan dan yang menjadi sampel ialah peserta didik kelas VIII-2 SMP N 1 Tapaktuan yang terdiri dari 25 peserta didik yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes soal. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan kategori tingkat kemampuan berdasarkan tahapan teori John Dewey dan persentase kemampuan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII-2 SMP N 1 Tapaktuan menguasai tahapan mendefinisikan masalah dengan jumlah nilai 491, tahapan mengenali masalah dengan jumlah nilai 383, tahapan merumuskan hipotesis dengan jumlah nilai 271, dan peserta didik kurang menguasai tahapan menguji hipotesis dengan jumlah nilai 161, dan tahapan memilih hipotesis yang terbaik dengan jumlah nilai 94. Berdasarkan kategori kemampuan terdapat 10 peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal (40%), 6 peserta didik yang berkemampuan sedang (24%), 8 peserta didik yang berkemampuan rendah (32%), 1 peserta didik yang berkemampuan sangat rendah (4%), dan tidak ada peserta didik yang berkemampuan sangat tinggi (0%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, kemampuan peserta didik kelas VIII-2 SMP N 1 Tapaktuan tergolong tinggi yang ditinjau berdasarkan tahapan pemecahan masalah teori John Dewey.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Anisa Noviza Nilda Ica
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:31
Last Modified: 01 Oct 2021 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item
View Item