Hubungan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dengan Kohesivitas Kelompok pada Pengurus Organisasi Mahasiswa UIN Ar-Raniry

M. Amirulhaq, 170901027 (2021) Hubungan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dengan Kohesivitas Kelompok pada Pengurus Organisasi Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Hubungan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dengan Kohesivitas Kelompok]
Preview
Text (Hubungan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dengan Kohesivitas Kelompok)
M. Amirulhaq, 170901027, FPSI, PSI, 082276220238.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Efektivitas komunikasi interpersonal dalam sebuah organisasi sangat berpengaruh terhadap kohesivitas kelompok anggotanya. Jika komunikasi interpersonal di antara anggota organisasi berjalan tidak efektif, maka anggota organisasi menjadi tidak kohesif terhadap organisasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan kohesivitas kelompok pada pengurus organisasi mahasiswa UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur penelitian ini yaitu skala efektivitas komunikasi interpersonal dan skala kohesivitas kelompok. Jumlah populasi adalah sebanyak 4.095 pengurus organisasi mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan jumlah sampel sebanyak 320 pengurus. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,799 dengan p = 0,00 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan kohesivitas kelompok pada pengurus organisasi mahasiswa UIN Ar-Raniry. Artinya semakin tinggi efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin tinggi kohesivitas kelompok, sebaliknya semakin rendah efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin rendah kohesivitas kelompok pada pengurus organisasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: M. Amirulhaq Amirul
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:51
Last Modified: 07 Oct 2021 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item
View Item