Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Mirnalisa, 140205103 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa)
Mirnalisa, 140205103, FTK, PMA, 081360680315.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kreatif dapat melatih siswa dalam merancang berbagai macam solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Namun kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model reciprocal teaching dan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Baitussalam dan (2) tingkat berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas VIII SMPN 1 Baitussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Baitussalam dengan sampel diambil secara simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan dan n-gain. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model reciprocal teaching lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Baitussalam. (2) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah belajar dengan model reciprocal teaching berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd 2. Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mirnalisa
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:00
Last Modified: 12 Oct 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18454

Actions (login required)

View Item
View Item