Penegakan Hukum Terhadap Penambangan Bahan Galian Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kecamatan Kutablang (Studi terhadap Penerapan Qanun Kabupaten No.4 Tahun 2014 tentang Izin Usaha Pertambangan oleh DPMPTSP Bireuen).

Muhammad Taudin Syah, 170106065 (2021) Penegakan Hukum Terhadap Penambangan Bahan Galian Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kecamatan Kutablang (Studi terhadap Penerapan Qanun Kabupaten No.4 Tahun 2014 tentang Izin Usaha Pertambangan oleh DPMPTSP Bireuen). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penegakan Hukum Terhadap Penambangan Bahan Galian Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kecamatan Kutablang]
Preview
Text (Penegakan Hukum Terhadap Penambangan Bahan Galian Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kecamatan Kutablang)
M. Taudin Syah, 170106065, FSH, IH, 081360538080.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pertambangan merupakan salah satu sumber daya alam yang penguasaan serta pemanfaatan menjadi kewenangan negara. Hasil dari pertambangan masuk kepada penghasilan negara, oleh karena itu perlu adanya peran negara terhadap pengelolaan pertambangan agar dikelola lebih efektif. Kecamatan Kutablang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bireuen yang dimana memiliki potensi pertambangan berjenis bahan galian mineral bukan logam dan batuan. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat secara ilegal atau tidak memiliki izin. Mengenai kegiatan pertambangan tanpa izin telah di atur dalam Undang-undang No 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara. Hal ini juga di atur didalam Qanun Kabupaten Bireuen No.4 Tahun 2014 tentang Izin Usaha Pertambangan. Permasalahan pada skripsi ini yaitu apa saja faktor penyebab maraknya kegiatan penambangan ilegal bahan galian mineral bukan logam dan batuan di Kecamatan Kutablang, bagaimanakah pelaksanaan dari Qanun dan bagaimanakah dampak lingkungan yang timbul dari adanya kegiatan penambangan ilegal bahan galian mineral bukan logam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab maraknya kegiatan penambangan ilegal bahan galian mineral bukan logam dan batuan di Kecamatan Kutablang, adapun pelaksanaan Qanun yang belum berjalan dengan baik serta timbulnya beberapa dampak lingkungan dari adanya kegiatan penambangan ilegal bahan galian mineral bukan logam dan batuan di Kecamatan Kutablang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab maraknya kegiatan penambangan ilegal bahan galian mineral bukan logam di Kecamatan Kutablang, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari Qanun Kabupaten Bireuen No.4 Tahun 2014, serta untuk mengetahui apa saja dampak lingkungan yang timbul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: M. Taudin Syah Taudin
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:32
Last Modified: 25 Oct 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18515

Actions (login required)

View Item
View Item