Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Di SMAN 1 Jangka Kabupaten Bireuen

Nur Aida Saputri, 160207111 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Di SMAN 1 Jangka Kabupaten Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Di SMAN 1 Jangka Kabupaten Bireuen]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Virus Di SMAN 1 Jangka Kabupaten Bireuen)
Nur Aida Saputrii, 160207111, FTK, PBL, 082272764872.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar dapat membantu guru memperkaya wawasan siswa. Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Jangka dimasa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp. Untuk mengembangan media, uji kelayakan dan respon siswa pada media pembelajaran video animasi berbasis macromedia flash pada materi virus di SMAN 1 Jangka Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D-Models). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan seluruh siswa kelas X MIPA 1. Instrumen penggumpulan data menggunakan lembar validasi media, validasi materi dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian pada kelayakan media diperoleh sebanyak 84,3% dengan kriteria layak dan data nilai rata-rata keseluruhan kelayakan materi yang diperoleh berdasarkan kedua ahli validator sebanyak 77% dengan kriteria layak. Hal ini menjukkan hasil kelayakan materi yang diperoleh dari kedua ahli validator sudah layak untuk digunakan bagi proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Jangka. respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi berbasis Macromedia Flash terdapat kategori positif dengan persentase 84% sehingga media tersebut dapat dikatakan bisa digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Jangka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Macromedia Flash, virus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Aida Saputri Aida
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:32
Last Modified: 02 Nov 2021 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item
View Item