Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN Se-Aceh Besar

Zahratul Idami, 160207133 (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN Se-Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN Se-Aceh Besar]
Preview
Text (Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN Se-Aceh Besar)
Zahratul Idami, 160207133, FTK, PBL, 082369566056.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan sekarang selama masa pandemi covid-19 yaitu whatsapp, zoom, google form dan google classroom dengan memanfaatkan jaringan internet dalam penggunaannya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah MAN Se-Aceh Besar terlihat bahwa tidak ada proses pembelajaran secara tatap muka. Media pembelajaran yang dominan digunakan yaitu whatsapp dikarenakan mudah digunakan oleh guru dan siswa dari pada media lainnya, sehingga guru harus menyampaikan materi menggunakan whatsapp agar proses pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Kendala terhadap siswa yaitu kurangnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, kurangnya siswa berinteraksi dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dan menganlisis respon guru serta respon siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran Biologi di MAN Se-Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MAN Se-Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia yang berjumlah 120 siswa dan guru mata pelajaran biologi kelas XI yang berjumlah 7 orang guru, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui efektivitas dan respon terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran biologi. Data efektivitas dan respon dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diketahui pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran biologi di MAN Se-Aceh Besar sebesar 73% pada tingkat kategori efektif, Respon siswa sebesar 53% dengan kategori kurang baik, dan Respon guru sebesar 72% pada tingkat kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media pembelajaran, Respon Siswa, Respon Guru
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Zahratul Idami Zahra
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:52
Last Modified: 02 Nov 2021 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item
View Item