Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Fisika Di Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Kuala, Kabupaten Nagan Raya

Fatya Hayyuni, 170204014 (2021) Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Fisika Di Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Kuala, Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA DI KELAS XI IPA 1 SMAN 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA DI KELAS XI IPA 1 SMAN 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA)
FATYA HAYYUNI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesalahpahaman konsep oleh siswa dalam menyelesaikan soal Fisika dapat mengakibatkan siswa salah memahami maksud soal, menentukan rumus dan kesulitan dalam operasi hitung. Pemahaman konsep dalam pembelajaran menjadi sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam tahap-tahap menyelesaikan soal-soal fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa Uraian sebanyak 5 butir . Analisis data penelitian ini menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika pada bagian Pemecah Masalah sebanyak 40,8% siswa melakukan kesalahan dalam memilah data yang terdapat pada soal, bagian Perencanaan Peninjauan kembali sebanyak 54,4% siswa melakukan kesalahan tidak teliti terhadap tahapan dalam menyelesaikan soal Fisika. Berdasarkan analisis kesalahan siswa terhadap penyeelsaian soal-soal Fisika menunjukkan bahwa siswa masih kurang memahami tahap-tahap menyelesaikan soal Fisika dengan baik dan benar, siswa masih banyak melakukan kesalahan seperti penggunaan rumus, menentukan simbol, dan melakukan operasi hitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Dr.Eng, Nur Aida,M.Si 2. Sri Nengsih, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, Soal Fisika dan teori polya
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatya Hayyuni Fatya
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:05
Last Modified: 02 Nov 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18567

Actions (login required)

View Item
View Item