Pengaruh Game On-line Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Kluet Utara

Yudi Rahmat Saputra, 160201066 (2021) Pengaruh Game On-line Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Game On-line Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Kluet Utara]
Preview
Text (Pengaruh Game On-line Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 Kluet Utara)
Yudi Rahmat Saputra, 160201066, FTK, PAI, 082315256389.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Game on-line merupakan sebuah permainan yang biasanya menggunakan jaringan internet. Penggunaan smartphone pada siswa SMPN 2 Kluet Utara merajalela. Dikarenakan minimnya kontrol orang tua, serta munculnya komunitas pelajar di warkop yang menyediakan wifi. Dunia maya medsos (media sosial) dan game seolah memilih mereka dan melupakan pelajaran bersama masa depannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Tingkat kecanduan game on-line yang dimainkan oleh siswa. Dampak game on- line terhadap prestasi belajar pada siswa. Strategi guru dalam mengatasi dampak game on-line. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan game on-line yang dimainkan siswa di SMPN 2 Kluet Utara sebanyak 61%, Pengaruh game on-line berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS dapat disimpulkan game on-line memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13%, sedangkan 87% disebabkan oleh faktor atau variabel lainya. Strategi guru dalam mengatasi dampak game on-line terhadap prestasi belajar siswa dengan memberikan edukasi tentang game on-line dan dampak dari game on- line tersebut kepada para siswa di SMPN 2 Kluet Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulfatmi, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Muhajir, S.Ag., M, Ag
Uncontrolled Keywords: Game On-line, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Rahmat Saputra Yudi
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:26
Last Modified: 03 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item
View Item