Urgensi Konseling Dalam Upaya Pengentasan Masalah Santri di Dayah Darul Huda Gampong Sawang II Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan

Julia, 160402071 (2021) Urgensi Konseling Dalam Upaya Pengentasan Masalah Santri di Dayah Darul Huda Gampong Sawang II Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Urgensi Konseling Dalam Upaya Pengentasan Masalah Santri]
Preview
Text (Urgensi Konseling Dalam Upaya Pengentasan Masalah Santri)
Julia, 160402071, FDK, BKI, 082276522114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dayah merupakan lembaga pendidikan Islam Tradisional yang paling terkenal di Nanggroe Aceh Darusalam, dimana ilmu agama diberikan secara teori dan di praktekkan langsung di lingkungan dayah. Setiap lembaga pendidikan khususnya dayah tentu akan banyak sekali masalah-masalah yang muncul, baik itu di karenakan jauh dari orang tua, karena kurangnya penjagaan atau tekanan-tekanan dalam berinteraksi sesama santri dan juga disebabkan karena jam-jam pelajaran yang padat. Seharusnya untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi, khususnya di Dayah Darul Huda memiliki layanan konseling untuk mengentaskan permasalahan santri, baik itu masalah hubungan sosial, masalah pribadi atau pendidikan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Masalah-masalah apa saja yang sering dilakukan oleh para santri di Dayah Darul Huda, upaya apa saja yang dilakukan oleh ustadz/ustadzah dalam pengentasan masalah santri di Dayah Darul Huda, Seberapa penting layanan konseling dalam upaya pengentasan masalah santri di Dayah Darul Huda. Untuk mendapatkan informasi yang di inginkan, maka metode yang di gunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Masalah-masalah yang sering dilakukan oleh para santri di Dayah Darul Huda, Diantaranya: pertama, sering keluar masuk dayah tanpa izin. Kedua, terjadinya pertengkaran sesama santri. Ketiga, sering bolos ketika mengikuti pengajian. Keempat, tidak melaksanakan shalat jama’ah. Kelima, membawa handpone ke dayah. Keenam, pulang diam-diam tanpa izin. Ketujuh, sering terlambat ketika kembali ke dayah. (2) upaya yang dilakukan oleh ustadz/ustadzah dalam pengentasan masalah santri yaitu, dengan memangil santri secara pribadi, dengan memberikan bimbingan, nasehat, terguran dan sanksi/ hukuman dan bimbingan secara kelompok, dengan memberikan ceramah/ siraman rohani. (3) layanan konseling dalam upaya pengentasan masalah santri di Dayah Darul Huda sangat di perlukan, karena bimbingan, nasehat, bahkan hukuman yang diberikan selama ini kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Julia Julia
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:45
Last Modified: 05 Nov 2021 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item
View Item