Manfaat Media Poster Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Trumon-Timur

Rika Mauliza, 170213076 (2021) Manfaat Media Poster Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Trumon-Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Manfaat Media Poster Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Trumon-Timur]
Preview
Text (Manfaat Media Poster Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Trumon-Timur)
Rika Mauliza, 170213076, FTK, BK, 085361847923.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media Poster adalah media yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi, saran, atau ide-ide tertentu, sehingga dapat merangsang keinginan yang melihatnya untuk melaksanakan isi tersebut. Perilaku adalah segala aktivitas, perbuatan, penampilan diri yang dilakukan manusia dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui tindakan siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SMP Negeri 2 Trumon Timur. 2) untuk mengetahui upaya guru BK dalam menjaga kebersihan lingkungan di SMP Negeri 2 Trumon Timur.
3) untuk mengetahui manfaat media poster terhadap perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan di SMP Negeri 2 Trumon Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian 1 orang guru BK dan 2 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Trianggulasi dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik Milles dan Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat media poster di sekolah SMPN 2 Trumon-Timur, dilihat dari adanya tindakan yang dilakukan oleh siswa terhadap kebersihan lingkungan serta adanya upaya yang guru BK berikan yaitu melalui media poster bermanfaat membuat siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah manfaat media poster di SMPN 2 Trumon-Timur. Perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah sudah cukup baik. Serta, ada pengaruh yang signifikan antara manfaat media poster terhadap perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rika Mauliza Rika
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:00
Last Modified: 08 Nov 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item
View Item