Karakteristik Morfologi Bunga Famili Asteraceae di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Penunjang Praktikum Morfologi Tumbuhan

Siti Aisah, 160207004 (2021) Karakteristik Morfologi Bunga Famili Asteraceae di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Penunjang Praktikum Morfologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakteristik Morfologi Bunga Famili Asteraceae di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Penunjang Praktikum Morfologi Tumbuhan]
Preview
Text (Karakteristik Morfologi Bunga Famili Asteraceae di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Penunjang Praktikum Morfologi Tumbuhan)
Siti Aisah, 160207004, FTK, PBL, 082219843176_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik morfologi bunga pada Famili Asteraceae yang terdapat di Kampus UIN Ar-Raniry dan untuk mengetahui pemanfaatan hasil penelitian sebagai penunjang praktikum Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di Kampus UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan Metode Survey Eksploratif, yang dilakukan dengan menjelajah perkarangan Kampus UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian karakteristik morfologi bunga Famili Asteraceae yang terdapat di Kampus UIN Ar-Raniry menunjukan bahwa mofologi bunga Famili Asteraceae memiliki tata letak bunga di ujung batang, ketiak daun, permukaan tangkai kasar berambut, licin berambut, tangkai warna hijau. Bentuk bunga bongkol, cawan, dasar bunga perigin, epigin. Karangan bunga pita dan bunga tabung. Kelopak berlekatan, terlepas, warna hijau. Mahkota berlekatan, terlepas, warna oranye, kuning, putih, ungu, putih keunguan. Bentuk mahkota tabung, corong, pita. Kelamin bunga hermaprodit, tunggal. Duduk benang sari pada dasar bunga, jumlah benang sari banyak >20, jumlah putik majemuk. Persentase uji kelayakan modul praktikum diperoleh 87,7% dengan keriteria sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu penunjang pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bunga yang terdapat di Kampus UIN Ar-Raniry memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik dari bentuk bunga, tata letak, bahkan pada warna bunga. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai penunjang atau panduan bagi mahasiswa yang melakukan kegiatan praktikum yang ditampilkan dalam bentuk Modul Praktikum mata kuliah Morfologi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Aisah
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:26
Last Modified: 05 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item
View Item