Penerapan Model Pembelajaran POGIL dalam Pemahaman Konsep Perbaikan Kelistrikan Sepeda Motor pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah

Abrar Syahrul Fajri, 170211012 (2021) Penerapan Model Pembelajaran POGIL dalam Pemahaman Konsep Perbaikan Kelistrikan Sepeda Motor pada Peserta Didik Kelas XI SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran POGIL]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran POGIL)
Abrar Syahrul Fajri, 170211012, FTK, PTE, 082214864414.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan yang diselenggarakan dengan mempersiapkan peserta didik untuk bekerja sesuai dengan bidang tertentu. Pembelajaran SMK kurang pada aspek pemahaman sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Pada SMKS Mahyal Ulum, pemahaman peserta didik masih kurang disebabkan model pembelajaran yang diterapkan kurang dapat mengoptimalkan berkembangnya pemahaman peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkannya model pembelajaran POGIL yang sesuai dengan kurikulum 2013 berpusat pada peserta didik. Proses Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) merupakan pembelajaran kolaboratif yang menggunakan inkuiri terbimbing. Penelitian bertujuan untuk melihat respon dan perubahan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran sistem kelistrikan sepeda motor sebelum dan sesudah diterapkannya model POGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen dengan perlakuan tunggal yaitu one shot case study dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis menggunakan uji t (t-test) dengan hasil yaitu 0,024 > 0,05 dengan demikian Ho diterima. Hasil pengolahan data menunjukkan ada perubahan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model POGIL. Hal ini dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata pre-test yaitu 42,14 dan untuk hasil rata-rata nilai post-test yaitu 63,57. Sedangkan untuk respon peserta didik yaitu sebesar 80,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model POGIL dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pengapian sepeda motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Abrar Syahrul Fajri Abrar
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:03
Last Modified: 11 Nov 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item
View Item