Perdukunan (Studi Terhadap Pemahaman Masyarakat Islam Simeulue Timur)

Mustika, 29174371 (2021) Perdukunan (Studi Terhadap Pemahaman Masyarakat Islam Simeulue Timur). Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perdukunan (Studi Terhadap Pemahaman Masyarakat Islam Simeulue Timur)]
Preview
Text (Perdukunan (Studi Terhadap Pemahaman Masyarakat Islam Simeulue Timur))
Mustika, 29173471, PS, IAI, 081269331917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mempercayai perdukunan merupakan perbuatan yang dilarang dalam ajaran Islam. Dukun adalah orang yang memiliki kemampuan menyembuhkan suatu penyakit melalui mantra-mantra tertentu dan juga bisa menyakiti orang lain melalui ilmu sihir. Namun, sebagian masyarakat Islam masih menggunakan jasa dukun untuk mengatasi masalah kehidupan yang dihadapi. Mereka menjadikannya sebagai media penyembuh dan mencari tahu siapa yang menyihir, barang hilang, perjodohan, jimat serta melancarkan usaha. Adanya kepercayaan masyarakat Islam terhadap dukun, mendorong penulis meneliti dengan tujuan mengetahui pemahaman masyarakat terhadap perdukunan dan kemunculannya serta peran pendakwah dalam mengatasinya di Simeulue Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, karena masalah yang diteliti suatu realitas kejadian dalam kehidupan masyarakat Islam Simeulue Timur dan dijelaskan seperti apa adanya. Teknik pengumpulan data dalam tulisan ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa perdukunan sudah ada sebelum ajaran Islam datang memasuki Simeulue Timur. Sehingga pemahaman masyarakat Islam terhadap perdukunan sudah ada sejak dari dahulu dan sampai sekarang meskipun telah berkurang. Ada yang menganggap mengatasi masalah melalui perdukunan suatu perbuatan biasa-biasa saja dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, karena sebagai ikhtiar. Ada juga yang memahami perbuatan perdukunan bertentangan dengan ajaran Islam. Salah satu faktor kepercayaan terhadap dukun sulit hilang dalam kehidupan masyarakat Islam Simeulue Timur, lemahnya pemahaman aqidah dan kurangnya pengajian-pengajian khusus ilmu keislaman serta peran tokoh Agama dan Pendakwah yang kurang membahas masalah perdukunan dalam tinjauan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA Pembimbing 2 : Dr. Damanhuri Basyir, MA
Uncontrolled Keywords: Islam, Dukun, Masyarakat, Pemahaman
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 130 Parapsychology & Occultism (Fenomena Paranormal dan Okultisme) > 133.4 Demonologi dan Sihir
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Mustika Mustika
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:06
Last Modified: 15 Nov 2021 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item
View Item