Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak Di SD IT Darul Falah Bener Meriah

Fitri, 160503086 (2021) Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak Di SD IT Darul Falah Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak Di SD IT Darul Falah Bener Meriah]
Preview
Text (Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak Di SD IT Darul Falah Bener Meriah)
Fitri, 160503086, FAH, IP, 082248634025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak di SD IT Darul Falah Bener Meriah”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan wawancara antara penulis dengan salah satu wali kelas, bahwa di SD IT Darul Falah masih terdapat siswa/i yang rendah minat bacanya. Namun berdasarkan wawancara yaitu antara penulis dengan orangtua ternyata sudah berupaya meningkatkan minat baca anaknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola asuh orangtua dalam pembinaan minat baca anak di SD IT Darul Falah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek dalam penelitian ini yaitu pola asuh orangtua SD IT Darul Falah Bener Meriah. Kemudian objek dari penelitian ini yaitu minat baca anak SD IT Darul Falah Bener Meriah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 8 orangtua dan 1 orang wali kelas, selain itu penulis juga mengambil data skunder sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data yang digunakan adalah perpanjangan waktu pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 8 informan yang masing-masing memiliki penerapan pola asuh yang berbeda-beda dalam pembinaan minat baca anak. Diantaranya model pola asuh otoriter dan permisif yang diterapkan masing-masing 1 orangtua atau sebanyak 25%, kemudian penerapan pola asuh demokratis sebanyak 4 orangtua atau sebanyak 50%, dan penerapan pola asuh situasional sebanyak 2 orangtua atau sebanyak 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pola Asuh Orangtua, Pembinaan Minat Baca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fitri Fitri
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:40
Last Modified: 16 Nov 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

View Item
View Item