Pengembangan Media Kereta Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

Rahma Sari, 160210125 (2021) Pengembangan Media Kereta Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Kereta Angka Terhadap Kemampuan  Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun]
Preview
Text (Pengembangan Media Kereta Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun)
Rahma Sari, 160210125, FTK, PIAUD, 082361745897.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang sangat penting bagi anak usia dini. Pada usia tersebut anak sedang mengembangkan keterampilan-keterampilan kognitif yang memungkinkan mereka untuk berfikir dan bernalar tentang bilangan-bilangan dan kuantitas. Permasalahan yang terdapat pada anak usia 5-6 tahun yaitu mengalami kesulitan dalam pengenalan matematika, dikarenakan masih minimnya fasilitas media. Dengan demikian maka perlu adanya pengembangan media kereta angka yang bertujuan untuk memperkenalkan matematika khususnya dalam bidang mengenal angka, terutama dalam kemampuan berhitung benar, mencocokkan, mengurutkan, dan mengenal simbol atau bentuk angka dari 1-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media kereta angka yang layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RND dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, (Analysis ), (Design), (Development), (implementation), (Evalution). Adapun Semua tahapan dan revisi dilakukan untuk mendapatkan produk akhir yang layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil analisis media kereta angka oleh ahli media maka didapati hasil dengan berkualitas sangat layak 86%, sementara itu analisis media kereta angka oleh ahli materi didapati70,2% layak. Selain itu, hasil analisis lembar observasi penilaian kemampuan berhitung anak juga didapati 83,3% layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media kereta angka sangat baik untuk kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Heliati Fajriah, M.A Pembimbing Sripsi II : Munawwarah, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Media Kereta Angka, Kemampuan Berhitung
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahma Sari
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:02
Last Modified: 18 Nov 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18772

Actions (login required)

View Item
View Item