Klausula Eksonerasi Pada Sistem Garansi Terhadap Transaksi Jual Beli Kacamata di Banda Aceh Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Implementasi Khiyar Syarat)

Denni Andini, 170102137 (2021) Klausula Eksonerasi Pada Sistem Garansi Terhadap Transaksi Jual Beli Kacamata di Banda Aceh Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Implementasi Khiyar Syarat). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Klausula Eksonerasi Pada Sistem Garansi Terhadap Transaksi Jual Beli Kacamata di Banda Aceh Dalam Perspektif Hukum Islam]
Preview
Text (Klausula Eksonerasi Pada Sistem Garansi Terhadap Transaksi Jual Beli Kacamata di Banda Aceh Dalam Perspektif Hukum Islam)
Denni Andini, 170102137, FSH, HES, 081319842112.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Klausula eksonerasi pada sistem garansi terhadap transaksi jual beli kacamata di Banda Aceh yaitu bermacam-macam dan tergantung perusahaan lensa masing- masing, biasanya perusahaan lensa seperti lensa rodenstock, hoya, essilor yang memberikan garansi karena merupakan lensa impor, biasanya jika lensa lokal kebanyakan tidak memiliki garansi tetapi pihak optic hanya memberikan service gratis baik harga yang rendah maupun harga yang tinggi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak optic dan pembeli dari masyarakat umum yang mencakup dengan tata cara sistem garansi dan transaksi jual beli kacamata dalam implementasi khiyar syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak selamanya ketentuan yang ada dilaksanakan sepenuhnya, karena banyak dari pembeli hanya mengetahui garansi pada kacamata tersebut tetapi tidak mengatahui dan tidak paham dengan klausula eksenorasi yang seharusnya tidak dibolehkan, kemudian dalam aturan-aturan yang terdapat pada Al-Quran, hadist dan asas-asas perjanjian dalam buku perlindungan Islam pada dasarnya rata-rata pihak penjual itu berusaha mengalihkan tanggung jawab. Perspektif khiyar syarat terhadap klausula eksonerasi pada perjanjian garansi dalam transaksi jual beli kacamata di beberapa optic Banda Aceh sudah sesuai, karena pihak toko memberikan garansi yang didalamnya memuat klausula, garansi yang diberikan berbeda-beda tergantung dari perusahaan lensa dan pihak optic tersebut. Hanya saja pihak optic tidak menjelaskan isi dari klausula, sehingga pembeli tidak paham akan klausula tersebut. Khiyar syarat dalam transaksi jual beli kacamata ini bertujuan agar dapat melindungi hak-hak pembeli dari unsur penipuan yang biasanya sering terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Denni Andini Denni
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:30
Last Modified: 17 Nov 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item
View Item