Problematika Proses Belajar dan Mengajar Daring Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Dimasa Pandemi Covid-19

Saddam Ikhsan, 160207127 (2021) Problematika Proses Belajar dan Mengajar Daring Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Belajar Daring]
Preview
Text (Belajar Daring)
Saddam Ikhsan, 160207127, FTK, PBL, 085206656017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi dianjurkan untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring dimasa pandemi covid-19. Namun dibalik berbagai kemudahan media dan fitur yang tersedia selama proses pembelajaran daring, terdapat pula banyak kendala yang dihadapi oleh dosen maupun mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dalam proses belajar mengajar secara daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen pengasuh mata kuliah bidang tumbuhan yang berjumlah 5 orang dan seluruh mahasiswa Prodi Biologi angkatan 2018, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari 4 orang dosen dan 22 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket untuk mengetahui kendala yang dihadapi dosen dan mahasiswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, Persentase rata-rata kendala dosen sebesar 78,32% dengan kategori tinggi. Persentase rata-rata kendala mahasiswa sebesar 59,49% dengan kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada kendala yang dihadapi Dosen Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dalam pembelajaran secara daring, sedangkan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa angkatan 2018 Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dalam pembelajaran secara daring adalah sarana dan prasarana yang kurang mendukung, kurangnya penguasaan materi pembelajaran, metode pembelajaran yang dinilai kurang efektif, kurangnya motivasi untuk menguasai materi pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang kurang objektif serta tidak dapat dianalisis berdasarkan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Saddam Ikhsan Saddam
Date Deposited: 22 Nov 2021 02:14
Last Modified: 22 Nov 2021 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item
View Item