Afri Yumizar, 160211010 (2021) Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X di SMKN 1 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Afri Yumizar, 160211010, FTK, PTE, 082360375802.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Minat belajar merupakan seseorang mempunyai perhatian lebih untuk belajar terhadap sesuatu, memiliki rasa ingin tahu untuk mempelajari maupun membuktikannya. Meningkatnya minat belajar maka pengetahuan yang akan dipelajaripun lebih mudah dipahami, sedangkan gambar teknik adalah salah satu pembelajaran kejuruan yang ada di SMK. Gambar merupakan alat media untuk menyatakan makna dari seorang juru gambar. Dalam dunia teknik, gambar merupakan alat untuk menyampaikan informasi dari seorang juru gambar atau orang yang membuat gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, alat/media yang digunakan, minat belajar peserta didik pada pembelajaran gambar teknik listrik kelas X di SMKN 1 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara peserta didik, guru pembelajaran gambar teknik listrik. Setelah peneliti melakukan wawancara didapat hasil yaitu proses pembelajaran berjalan baik, peran peserta didiknya sangat aktif terutama pada saat guru memberikan tugas, pada saat guru menyuruh peserta didik maju ke depan papan tulis peran peserta didiknya sangat baik, aktif, tidak merasakan canggung tetapi peserta didik memberanikan diri untuk maju ke depan tanpa harus di tunjuk oleh guru, Alat/Media yang digunakan ialah Infocus, alat tulis berupa Spidol tiga warna yaitu warna Hitam, Merah, Biru, minat belajar peserta didik cenderung lebih tinggi dikarenakan terdapat indikator minat belajarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Afri Yumizar |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:02 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:02 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18809 |