Bentuk-Bentuk Partisipasi Tokoh Agama dalam Memberikan Bimbingan Ibadah Pada Lansia (Studi Deskriptis di Kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah”).

Firda Mahbengi, 170402025 (2021) Bentuk-Bentuk Partisipasi Tokoh Agama dalam Memberikan Bimbingan Ibadah Pada Lansia (Studi Deskriptis di Kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah”). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Bentuk-Bentuk Partisipasi Tokoh Agama Dalam  Memberikan Bimbingan Ibadah Pada Lansia]
Preview
Text (Bentuk-Bentuk Partisipasi Tokoh Agama Dalam Memberikan Bimbingan Ibadah Pada Lansia)
Firda Mahbengi, 170402025, FDK, BKI, 082246864733.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tokoh agama merupakan orang yang diakui oleh masyarakat mengetahui ajaran agama, mengamalkan serta aktif dalam membina umat. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan bentuk-bentuk partisipasi tokoh agama dalam memberikan bimbingan ibadah pada lansia dan kendala yang dihadapi tokoh agama dalam memberikan bimbingan ibadah pada lansia di kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi tokoh agama dalam memberikan bimbingan ibadah pada lansia dan kendala yang dihadapi tokoh agama dalam memberikan bimbingan ibadah pada lansia di kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dari lapangan , maka hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas-aktivitas kegiatan bimbingan ibadah yang diberikan oleh tokoh agama di Kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, menunjukkan bahwa tokoh agama kurang berpartisipasi dalam memberikan bimbingan ibadah kepada lansia. Kendala yang dihadapi oleh tokoh agama yaitu kurangnya ilmu dari tokoh agama dalam melayani para lansia, kurangnya kemampuan tokoh agama dalam menangani masalah yang dihadapi lansia, kesibukan tokoh agama dalam menyelesaikan urusan pribadi serta kurangnya jumlah tokoh agama juga menjadi kendala dalam memberikan bimbingan ibadah pada lansia, karena dalam melaksanakan kegiatan tersebut perlu adanya keselarasan anatara jumlah pembimbing dan orang yang dibimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.19 Aspek Ibadah Lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Firda Mahbengi Firda
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:17
Last Modified: 22 Nov 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18812

Actions (login required)

View Item
View Item