Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Q-MOVIK pada Siswa SMP

Fitri Amalia, 170205058 (2021) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Q-MOVIK pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Q-MOVIK pada Siswa SMP]
Preview
Text (Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Q-MOVIK pada Siswa SMP)
Fitri Amalia, 170205058, FTK, PMA, 085372158509.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif. Kini, semenjak terserangnya wabah virus Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring, hal tersebut mengakibatkan guru dituntut untuk menggunakan RPP yang berbasis daring. Namun berdasarkan observasi awal yang dilakukan diperoleh kebanyakan guru belum menggunakan RPP berbasis daring dalam proses pembelajaran dimasa Covid-19 ini. Oleh karena itu dalam RPP dibutuhkan model pembelajaran yang dapat digunakan secara daring salah satunya adalah model Q-MOVIK. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk baru yaitu RPP daring berbasis model Q-MOVIK yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil analisis penilaian empat validator menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan memenuhi kategori valid dengan nilai rata-rata 4,8. Sementara itu berdasarkan hasil analisis lembar kepratisan dari dua orang guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memperoleh rata-rata 4,6, dengan kriteria sangat praktis Dengan demikian perangkat pembelajaran ini termasuk kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Amalia
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:15
Last Modified: 22 Nov 2021 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item
View Item