Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Masa Pandemi Covid-19

Mauli Ismaini, 160207090 (2021) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Masa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Masa Pandemi Covid-19)
Mauli Ismaini, 160207090, FTK, PBL, 082249166837.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyebaran covid-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah menerapkan phsycal distancing untuk memutus mata rantai penyebarannya. Dampak pandemi ini juga mulai merambah ke dunia pendidikan sehingga pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran daring untuk siswa maupun mahasiswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran di lembaga pendidikan. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi yaitu internet sebagai metode penyampaian, interaksi dan komunikasi. Salah satu mata kuliah yang menerapkan pembelajaran daring adalah perkembangan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan. Variabel yang diukur pada penelitian ini yaitu bahan ajar dan proses pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2018 yang telah mengambil mata kuliah perkembangan hewan di masa pandemi covid-19. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang akan peneliti kirimkan kepada mahasiswa melalui whatsapp. Jawaban responden akan diukur menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian tentang bahan ajar bahwa mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap bahan ajar pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan di masa pandemi covid-19 yaitu sebesar 75,94 %. Hasil dari penelitian tentang proses pembelajaran daring bahwa mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap proses pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan di masa pandemi covid-19 yaitu sebesar 70,46 %. Hasil dari penelitian tentang pembelajaran daring bahwa mahasiswa memiliki persepsi baik terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan hewan di masa pandemi covid-19 yaitu sebesar 72,96 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mauli Ismaini Ismaini
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:59
Last Modified: 24 Nov 2021 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item
View Item