Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar.

Via Anggraini, 160209026 (2021) Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Komik]
Preview
Text (Pengembangan Media Komik)
Via Anggraini, 160209026, FTK, PGMI, 082358878608.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya media untuk menunjang pembelajaran membaca, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media komik dan respons peserta didik terhadap media. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall ( potensi dan masalah), (pengumpulan data), (desain Produk), (validasi desain), (revisi produk), (uji coba produk), (revisi produk), (uji coba produk), (revisi produk), (produksi masal), dan dibatasi tidak menggunakan langkah (uji coba pemakaian), (revisi Produk), (produksi Masal). Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mengetahui kelayakan media komik dan respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain komik berada pada kategori layak (80,00%), (2) kelayakan materi yang dinilai oleh ahli materi berada pada kategori layak (80,00%), respons pendidik berada pada kategori layak (79,50%). Respons peserta didik berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komik dapat digunakan dalam proses pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Via Anggraini Via
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:12
Last Modified: 24 Nov 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item
View Item